About Me

Foto saya
Jakarta, DKI, Indonesia
Just Call Me (Jabdetabek)(08179130192) I Will Give You Solution .......

Labels

Time

Powered By Blogger

Visitor

blogspot visitor counter

Protected by

MyFreeCopyright.com Registered & Protected

Kamis, 14 Oktober 2010

Penanganan Virus

Beberapa tips penanganan virus komputer

VIRUS! Ahhh..menyebalkan!! Mengapa "mereka" tidak membiarkan kita hidup dg tenang. Mengapa "mereka" tidak memanfaatkan "kelebihan" yang diberikan Tuhan itu untuk sesuatu yang lebih berguna?? Memajukan IT negara kita (yg bobrok) ini misalnya?? :)...

Pasti banyak yg bertanya, mengapa sih org2 bikin virus??... Yaaa...alasannya cem-macem! Ada yang lagi sedih ditinggal pacarnya (ngasih tau ama pacarnya bhw dia masih cinta....GILA!! Bikin surat kok lewat virus), ada yang lagi sebel ama org laen, ada yg cuma iseng, ada juga yg bwt aktualisasi diri, dll. Btw, apapun alasannya sy ngerti kok(pernah berencana soalnya, hehe) :p

Btw yg mo sy bagi2 disini fokus pada virus2 Indo yg saat ini udh semakin keren. Bagaimana virus bekerja?? Virus sebenarnya juga merupakan software, sama seperti program2 lainnya - msword, game, dll (kecuali dalam hal merusak...dan mengganggu :) Virus komputer, sama spt virus beneran, juga selalu berusaha membiakkan diri. Jika kita masukin removable disk (flashdisk) ke komputer yg sudah terkena virus, kemungkinan besar flashdisk tersebut sudah terinfeksi.

Masalahnya, kita sering ga sadar saat hal ini terjadi. Flashdisk itu kita bawa pulang, disambungkan ke komputer/laptop milik sendiri(atau punya org lain) , lalu (dg polosnya) file virus tersebut diklik, sehingga....tragedi itu pun dimulai! :)

Apa tanda2 nya klo udh terinfeksi?? Ngg...banyak! Tergantung jenis virusnya. Ada yang taskmgr(Ctrl-Alt-Del) nya ga bisa, regedit jg ga bisa, ada yg folder option nya disembunyiin, muncul file2 yang ga biasanya, suka restart sendiri, sampai (yg paling serem)...ga bisa login.

Sebelum Anda mengeluarkan kata2 sakti "FORMAT ulang windows", alangkah lebih baiknya jika Anda mencoba menanganinya sendiri telebih dahulu (kecuali jika Anda punya banyak uang untuk menyewa orang utk menyelamatkan data2 Anda--saya pernah nemu org kaya' gini, soalnya :) ). Itung2 nambah ilmu pengetahuan. Lagian, siapa lagi yg akan lebih ngerti ttg komputer Anda klo bukan Anda sendiri. KENALI KOMPUTER ANDA!......... haalah!^^

Tips penanganan komputer yg sudah terkena virus, menurut saya, ada beberapa :

1. Matikan proses virusSelama virusnya masih jalan di kmptr Anda, maka ia akan terus menduplikasikan dirinya. Hal ini juga membuat kita tidak bisa mendelete file virusnya. Ketika prosesnya udh dimatiin, maka si virus ga bs apa2. Dg kata lain, dia baru bernama virus ketika dia jalan di suatu computer. Buat matiin proses ini, saya sarankan pake software tambahan yg sejenis dg taskmanager, currprocess karena taskmanager biasanya udah diblock ama virusnya. Lalu kalau CProcess nya udah jalan, perhatikan semua proses yang ada. Cek apakah ada proses mencurigakan… ciri-cirinya cem-macem.

Anda bisa memperhatikan ikonnya(ikon virus biasanya berupa ikon folder, msword, dll), jika Anda sedikit berpengalaman, mungkin Anda bisa membandingkan proses komputer normal dengan yang bervirus. Jika belum...... saatnya menambah pengalaman! :)
Tampilan di currprocess kira2 begini :
Tampilan CurrProcess pada komputer normal tanpa virus

Nah proses milik si virus biasanya yg ikonnya berbentuk folder, seperti ini :
Tampilan proses pada komputer bervirus
Kalo udah ketemu yang kayak gini, yg harus Anda lakukan adalah... pilih proses2 tsb (kadang proses sivirus tidak cuma 1, ada backup annya), setelah dipilih semua yang Anda mau, lalu klik Kill (tanda silang). Jika Anda dimintai konfirmasi, klik Yes.
Haaaaaah....capek! Kalau sudah dimatiin prosesnya, file virusnya udah bisa di delete kok. O iya, itu kan udah masuk langkah 2...

2. Search file virus, lalu delete!
Jadi sebelum Anda mematikan(Kill) proses virusnya, sebaiknya nama proses tersebut juga dihafalkan, berguna untuk men search file tersebut di Windows Explorer. Ngng... sebenarnya ada sih, alternatif lain yg lebih efektif.

Di CurrProcess sudah ada fitur yang menunjukkan letak file induk dari proses yang
dijalankan. Jadi, selain untuk melihat proses, Anda juga bisa melihat dimana filenya berasal.Nah, untuk proses yang Anda kill tadi, perhatikan tempat file asalnya. Lalu cari di Windows Explorer, setelah ketemu....DELETE, BUNUH, DAN MUSNAHKAN file tersebut!!

Langkah selanjutnya apa Bang......??
Hehe... serahkan pada Pak Norton, atau Mr.Kaspersky, atau mungkin Ibu McAfee (saran saya sih,..... Mr. Kaspersky) :)

3. Scan pakai Antivirus
Setelah perjalanan melelahkan itu... Anda install antivirus(kalau belum ada),
atau ganti(kalau AV nya ga mendetek virus tsb). Saran saya sbg org awam, terhadap AV...Mr.Kaspersky memang top dan ketat, tapi suka rewel. Kalau Pak Norton sih...so-so aja. Ibu McAfee....saya taunya, cuma sering dipake tmn2 saya aj...^^! Sedangkan yang lain....(ada ya??Hehe....) Becanda deng! Btw, PCMAV pun kata temen2 saya juga bagus, kok!

4. Bersihkan registry (sisa-sisa peradaban virus)
Biasanya, virus2 tersebut walaupun telah dimusnahkan, namun efeknya kadang masih ada. Taskmanager yang masih ga bisa dibuka, regedit yang diblok, tulisan2 aneh yang belum hilang di beberapa bagian dari komputer, dll. Kalau udah begini ada banyak cara yang bisa dilakukan. Bersihkan dengan software2 registry, seperti registry cleaner, TuneUp Utilities, dll. Bisa juga dengan mengedit sendiri registry tsb (tentu saja klo Anda tau caranya). Untuk hal ini, mungkin besok2 akan saya coba menuliskan sedikit tip registry (yang sy tau, tentunya :) )

5. Tanya orang2 pintar disekitar Anda!!
Jika masih ada efek samping, coba tanya pada orang2 yang tau yg mungkin dekat dengan Anda (saya jg bisa, hehe!!), atau kalau Anda mempunyai keinginan yg kuat utk belajar dan berani mati,lol, Anda coba saja belajar sendiri. Utak atik deh, tuh komputer.....! Sumbernya??? Hmm.... Jaman sekarang ini, semua "sampah-sampah" dunia ini ada di Google.


Note : Kalo Anda nanya saya... ngng, saya ga bisa berjanji apapun. Tapi intinya.... klo ada apa2, saya senang membantu^^!


6. Mencegah lebih baik daripada mengobati (kata seorang dokter cantik kepada saya) :)Saya tidak akan berbicara panjang lebar ttg langkah yg satu ini. Saya kira, kita semua sudah mengerti apa maksudnya...hehe


Source : http://hanasoftware.blogspot.com/2008/06/beberapa-tips-penanganan-virus-komputer.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi komentar ..
jangan lupa tinggalkan Alamat Blog or ID anda ..
saya akan kunjungi anda ....
Just Have Fun 'n Enjoyed my blog ..
Terima kasih ...

I'm Here

Jasa

Kami Melayani

Jasa Service (Click Here)

Jasa Warnet (Click Here)

Hub : 08179130192 (Tio)

We Provide The Best